Kamis, 08 Maret 2018

Kerajinan Anyaman Pandan

Masyarakat Aceh memang sudah dikenal lama memiliki kreativitas yang beragam, mulai dari Memandai Besi, Menenun Songket, membuat Kopiah Aceh, Kreasi Rotan, serta Pengrajin Anyaman Pandan.

Tikar Anyaman Pandan
Pada saat sekarang kerajinan tangan yang terbuat dari anyaman pandan telah banyak dikreasikan untuk menarik minat masyarakat agar semakin tertarik untuk menggunakannya. Seiring perkembangan zaman anyaman yang terbuat dari Pandan sudah dianggap kuno, namun asumsi itu dikalahkan oleh kreativitas dari Para Pengrajin Anyaman Pandan.

Produk-Produk dari Kerajinan Anyaman Pandan sendiri telah banyak berevolusi, yang sebelumnya hanya dibuat sebagai Tikar untuk menghelai lantai rumah, sekarang dibuat dengan beragam bentuk, seperti Tas, Dompet, Topi, Sandal, Kipas, Kotak Tisue, dll, serta ditambahkan corak aneka warna-warni yang menjadikannya lebih menarik.
Produk-Produk Hasil Kreativitas Pengrajin Anyaman Pandan

Masyarakat Aceh Singkil sendiri yang berprofesi sebagai Pengrajin Anyaman Pandan sudah dilakukan turun-temurun dari para leluhur, seperti di Desa Kayu Menang, Kecamatan Kuala Baru. Mayoritas kaum perempuan disana berprofesi sebagai Pengrajin Tradsional salah satunya Pengrajin Anyaman Pandan.

Pada dasarnya bahan yang digunakan dalam pembuatan Anyaman ialah Daun Pandan Berduri yang sebelumnya harus dikeringkan terlebih dahulu dengan cara dijemur dibawah sinar matahari dan diberikan tambahan bahan pewarna untuk menjadikan hasil yang lebih bagus dan menarik.
Tikar Anyaman Pandan

Hasil-hasil Produk Kerajinan itu sendiri sudah banyak dijual ke berbagai daerah di Aceh Singkil bahkan sekarang sudah merambah ke daerah-daerah lain. Walaupun sekarang Produk Anyaman Pandan ini sudah dibilang kuno atau ketinggalan zaman, namun produk ini tetap tumbuh dan semakin banyak menarik perhatian masyarakat yang meminatinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar