Selasa, 17 April 2018

Kerajinan Tangan Akar Bahar (Pulau Banyak Aceh Singkil)

Akar Bahar adalah tanaman di bawah laut yang termasuk terumbu karang dan merupakan tanaman laut yang mengering. Pada umumnya akar bahar yang memiliki kualitas bagus ada bagian keras yang menyerupai batu, bagian yang keras ini merupakan bagian asli dari tumbuhan yang telah menjadi fosil dan mengeras, bagian yang mengeras tersebut bisa pula dijadikan sebagai tanda keaslian tanaman akar bahar tersebut.

Tanaman ini dipercaya oleh sebagian masyarakat memiliki banyak khasiat dalam kesehatan. Sehingga banyak orang yang ingin untuk memiliki tanaman tersebut. Disamping itu tanaman Akar Bahar akan jadi lebih menarik jika dibentuk menjadi hiasan-hiasan dan aksesoris gelang, cincin, kalung, dll. Seperti yang ada di daerah Pulau Banyak Aceh Singkil.

Di daerah Pulau Banyak Aceh Singkil sendiri memang sudah dikenal dengan tanaman Akar Bahar, Namun untuk mendapat tanaman ini bukanlah hal yang mudah dikarenakan tanaman ini tumbuh di kedalaman kurang lebih 600 meter. di Pulau banyak sendiri ada sebagian masyarakat yang berprofesi pengrajin tanaman yang satu ini untuk dikelola jadi beraneka ragam hiasan dan aksesoris.

Produk Kerajinan Akar Bahar dari Pulau Banyak
Biasanya proses dari tanaman akar bahar harus dipanaskan terlebih dulu hingga batang dan ranting-ranting menjadi kaku, setelah itu dibentuk menjadi aneka ragam hiasan dan aksesoris. Pembuatan aksesoris dari tanaman akar bahar jelas membutuhkan keahlian khusus para pengrajin untuk membuatnya menjadi lebih menarik dengan ditambahkan seni-seni seperti pada bentuk-bentuk atau huruf-huruf yang menjadi awalan nama dapat membuatnya jadi indah. 

Gelang Akar Bahar
Bagaimanapun tanaman akar bahar ini merupakan tanaman yang perlu dijaga kelestarian nya, oleh sebab itu masyarakat pulau banyak dan instansi-instansi terkait sedang gencar-gencarnya dalam hal menjaga kelestarian tanaman akar bahar agar tanaman ini tidak habis atau punah begitu saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar