slider

"Mari Kita Tingkatkan Prestasi dan Innovasi. Kerja Kita Prestasi Bangsa"

Rabu, 18 April 2018

Sulaman Manik (Kuala Baru)

Sulaman Manik (Kasab Manik) adalah salah satu kerajinan tangan yang banyak anda temukan di daerah Kecamatan Kuala Baru, Aceh Singkil. karena didaerah tersebut kaum perempuan mayoritas berprofesi sebagai pengrajin Sulaman Manik. Sulaman manik secara keseluruhan hampir sama dengan Sulaman Kasab Benang Emas. Namun yang berbeda hanya bahan yang digunakan yaitu Manik-Manik.
Proses Pembuatan Rajutan Sulaman Manik
Proses dalam pembuatannya juga sama dengan menyediakan kain baladu yang dilapisi kertas tebal. Awal pembuatannya Sulaman Manik ini perlu dilukis dahulu untuk membentuk pola gambar yang kita inginkan. Setelah itu bahan manik dijahitkan mengikuti gambar pola yang sudah disiapkan.

Beberapa Hasil Rajutan Sulaman Manik
Sulaman Manik ini biasanya digunakan untuk kegiatan pesta adat pernikahan. Proses pembuatan untuk 1 (satu) set lengkap untuk pelaminan membutuhkan waktu sekitar 4 bulan, dan harga untuk 1 (satu) set lengkap berkisar 5 juta rupiah. Hasil rajutan yang indah membuat minat sebagian masyarakat sangat tertarik untuk memilikinya. Karena selain dapat untuk dimiliki sendiri sulaman manik bisa juga disewakan bagi masyarakat yang ingin menggunakannya saat even-even tertentu seperti pesta pernikahan, perayaan hari-hari besar dan lainnya.
Pola Gambar yang dibentuk dengan Sulaman Manik
Jika ingin mendapatkan produk ini anda bisa memesan atau datang langsung ke Kecamatan Kuala Baru, Aceh Singkil. Produk ini telah banyak mendapat pesanan dan dijual ke berbagai daerah seputaran Aceh Singkil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar