Kamis, 01 Maret 2018

Kerajinan Tradisional Dari Sulaman Benang Emas Aceh Singkil

Aceh Singkil adalah salah satu daerah yang kaya akan tradisi dan budaya. Sebuah wilayah yang merupakan dari Provinsi Aceh namun terletak dekat dengan perbatasan wilayah Sumatera Utara membuat daerah Aceh Singkil dipengaruhi beberapa campuran tradisi dan budaya seperti Aceh, Sumut, Melayu dan juga Minang Kabau. Sehingga membuat Aceh Singkil menghadirkan sebuah budaya dan tradisi tersendiri yang menarik dan unik untuk dikenal lebih jauh.
Kota Singkil
Banyak hal sebenarnya bisa dikenalkan untuk keanekaragaman macam-macam kebudayaan dan tradisional di Aceh Singkil salah satunya yang akan promosikan saat ini iyalah Kerajinan Tangan Tradisional Aceh Singkil yang dibuat dari sulaman benang emas (Kasab), bordir, dan sulam manik yang dibiasanya digunakan di acara adat pernikahan.

Sulaman Benang Emas (Kasab) merupakan jenis kerajinan tangan dalam membuat rajutan yang menggunakan benang emas dicampur dengan bahan dasar Kain Baldu. Terkadang lapisan sulaman ada juga yang menggunakan kertas tebal agar terlihat kesan tiga dimensi, dengan tambahan pernak-pernik kilauannya ditambahkan payet-payet menjadikan hasil rajutan menjadi lebih cantik dan indah. Memang banyak kerajinan tangan yang dibuat dengan sulaman benang emas disetiap daerah, namun rajutan sulaman benang emas dari Aceh Singkil memiliki ciri khas tersendiri.
Pernak-Pernik Kerajinan Tangan dari Sulaman Benang Emas
Hasil dari kerajinan rajutan sulaman benang emas biasanya ada dalam acara-acara yang menggunakan Adat Tradisional Aceh Singkil untuk mendekorasi dinding-dinding ruangan resepsi pernikahan, pakaian pengantin, langit-langit ruangan juga bantal-bantal, tatakan tempat makanan dan sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar